Friday, April 12, 2013

Makalah " Faktor, Tugas, dan Periodisasi Perkembangan "


 
MAKALAH
MATA KULIAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
FAKTOR, TUGAS DAN PERIODISASI PERKEMBANGAN ”



 








Dibuat guna memenuhi tugas terstruktur mata kuliah Psikologi Perkembangan
                                       

Dosen Pengampu :  Musrifah, MA


Disusun Oleh :

1.      M. Nasrulloh
2.      Muamar Anis
3.      Munzi Tamrin

Kelas / Semester : II C



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BREBES
( STAIB )
TAHUN AKADEMIK 2012/2013


KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kepada allah SWT. yang mana atas berkat rahmat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ”Faktor, Tugas Dan Periodisasi Perkembangan” ini dengan baik meskipun masih jauh dari sempurna.
Sholawat beserta salam tak lupa pula penulis haturkan kepada junjungan kita nabi agung nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita semua dari alam kejahilan ke alam yang terang benderang yang disinari oleh ilmu pengetahuan iman dan islam.
Penulis tak lupa pula mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing ibu Musrifah, MA yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah ini. penulis juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah yang berjudul “Faktor, Tugas Dan Periodisasi Perkembangan” ini.
Penulis sadar dalam penulisan makalah ini, masih banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun.



Penulis





 













DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………..      i
KATA PENGANTAR  …………………………………………………………………     ii
DAFTAR ISI  …………………………………………………………………………..     iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  …………………………………………………………………      1
B.     Rumusan Masalah  ……………………………………………………………..       1
C.     Tujuan Pembahasan  ……………………………………………………………      1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Perkembangan ………………………………………………………      2
B.     Faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan  …….………………………      2
C.     Tugas-tugas Perkembangan ……………………………………………………..     2
D.    Periodisasi Perkembangan ………………………………………………………     4
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ………………………………………………………………………    5
B.     Saran …………………………………………………………………………….     5
DAFTAR PUSTAKA 





 

BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang
Perkembangan manusia secara bertahap pasti mempunyai karakteristik yang khas dantugas- tugas perkembangan yang bermanfaat sebgai petunjuk arah yang normal. Tugas- tugas perkembangan tersebut juga sangat berhubungan dengan pendidikan yang diterima oleh individu.Pendidikan menentukan tugas apakah yang dapat dilaksanakan seorang pada masa tertentu. Berkaitan dengan hal tersebut, pendidikan yang diterima individu sangat terkait posisi guru sebagai staf pengajar. Berdasarkan uraian diatas makalah ini akan membahas satu persatu tentang pengertian, faktor, tugas dan periodisasi perkembangan manusia.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang di maksud dengan Perkembangan?
2.      Apa saja Faktor perkembangan?
3.      Apa saja Tugas Perkembangan?
4.      Periodisasi Perkembangan?
C.     Tujuan Pembahasan
1.    Mengetahui tentag arti Perkembangan?
2.    Mengetahui tentang Faktor-faktor  perkembangan?
3.    Mengetahui tentang Tugas-tugas Perkembangan?
4.    Mengetahui tentang Periodisasi Perkembangan?
kami juga bertujuan untuk memenuhi tugas pelajaran Psikologi Perkembangan.






 


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Perkembangan
Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individuatau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis. Perkembangan juga bertalian dengan beberapa konsep pertumbuhan (growth), kematangan (maturation), dan belajar (learning) serta latihan (training). Perkembangan individu dapat ditujukan dengan munculnya atau hilangnya, bertambah atau berkurangnya bagian-bagian, fungsi-fungsi atau sifat-sifat psikofisis, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, yang sampai batas tertentu dapat diamati dan diukur dengan mempergunakan teknik dan instrument yang sesuai. Contoh perkembangan proses berpikir, kemampuan berbahasa dan lain-lain.

B.     Faktor- Faktor  yang Mempengaruhi Perkembangan Manusia
Adapun faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia diantaranya:
1.    Faktor hereditas (warisan sejak lahir/ bawaan)
Hereditas merupakan factor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartikan sebagai totalitas karakteristik individu yang diwariskan orangtua kepada anak, atau segala potensi, baik fisik maupun psikis yang dimiliki individu sejak masa konsepsi (pembuahan ovum oleh sperma) sebagai pewarisan dari pihak orangtua melalui gen-gen.
2.    Faktor lingkungan
Urie Bronfrenbrenner & Ann Crouter mengemukakan bahwa lingkungan perkembangan merupakan “berbagai peristiwa, situasi atau kondisi di luar organism yang diduga mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perkembangan individu”. Lingkungan ini terdiri atas:
a.       Fisik, yaitu meliputi segala sesuatu dari molekul yang ada di sekitar janin sebelum lahir
b.      Sosial, yaitu meliputi seluruh manusia yang secara potensial mempengaruhi perkembangan individu
c.       Kematangan fungsi organis dan psikis yang Didorong oleh suatu kekuatan dari dalam yaitu kepekaan atau kematangan. Proses pematangan ini ditandai dengan kematangan potensi dari organisme baik fisik maupun psikis untuk maju berkembang secara maksimal.
d.      Aktivitas manusia sebagai subjek bebas yang berkemauan Anak aktif ketika menerima pengaruh atau rangsangan dari lingkungannya, hal ini disebabkan karena manusia mempunyai cipta, rasa, dan karsa yang mampu membantu manusia dalam menyeleksi pengaruh yang datang.

C.    Tugas-tugas Perkembangan Manusia
a.    Pengertian tugas tugas perkembangan
Menurut Robert J. Havighurst, suatu tugas perkembangan adalah suatu tugas yang timbul pada suatu periode tertentu dalam perkembangan seseorang. Tugas perkembangan merupakan petunjuk petunjuk yang memungkinkan seseorang memehami apa yang diharapkan masyarakat dari padanya pada suatu umur tertentu.
b.    Tugas tugas perkembangan pada masa bayi dan masa kanak kanak awal
1.      Belajar berjalan
2.      Belajar memakan makanan yang padat
3.      Belajar mengatur buang air krcil dan besar
4.      Belajar membedakan jenis kelamin
5.      Membentuk konsep konsep dari kenyataan sosial dan physik yang sederhana
6.      Belajar membedakan antara yang benar dan yang salah dan memperkembangankan kata hati.
c.    Tugas tugas perkembangan pada masa kanak kanak
1.      Belajar keterampilan keterampilan physis, yang di perlukan untuk permainan yang sederhana
2.      Belajar bergaul dengan teman sebaya
3.      Belajar menyesuaikan diri dengan keadaannya sebagai wanita atau peria
4.      Memperkembangkan keterampilan keterampilan dasar untuk membaca, menulis dan berhitung
5.      Memperkembangkan konsep konsep bagi kehidupan sehari hari
6.      Memperkembangkan sikap sikap terhadap kelompok kelompok dan lembaga lembaga dalam masyarakat
d.   Tugas tugas perkembangan pada masa remaja
1.         Menerima keadaan jasmaninya dan menerima serta menjalankan peranannya sebagai peria atau wanita
2.         Mengadakan hubungan hubungan baru dengan teman sebaya dari kedua jenis kelamin, terutama dengan anak lawan jenis
3.         Mencapai kebebasan emosional dari orang tua dan orang orang dewasa lainnya, agar supaya jangan terlalu terikat
4.         Mendapat kepastian mengenai kebebasan ekonomik
5.         Memilih dan mempersiapkan diri bagi suatu jabatan
6.         Memperkembangkan keterampilan keterampilan dan konsep konsep intelek tual yang perlu untuk hidup menjadi warga negara yang baik
7.         Menginginkan dan dapat bertingkah laku yang dapat di terima oleh masyarakat
8.         Mempersiapkan diri untuk pernikahan dan hidup berkeluarga
9.         Menentukan dengan penuh kesadaran nilai nilai yang sesuai dengan suatu gambaran mengenai keadaan di dunia
e.    Tugas tugas perkembangan pada masa dewasa awal
1.      Memilih calon suami atau istri
2.      Belajar hidup bersama suami atau istri
3.      Memulai hidup bersama keluarga
4.      Mengasuh anak anak
5.      Menyelanggarakan rumah tangga
6.      Mulai berkerja
7.      Mulai bertanggung jawab sebagai seorang warga Negara
8.      Mendapat kan kelompok sosial yang sesuai baginya
f.     Tugas tugas perkembangan pada masa setengah baya
1.      Mendapatkan tanggung jawab sebagai orang dewsa yang menjadi warga negara dan hidup bermasyarakat
2.      Menentukan dan hidup sesuai setandart hidup yang berhubungan dengan ekonomi
3.      Membantu anak anak remaja menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan berbahagia
4.      Memperkembangkan keaktifan keaktifan dalam masa senggang yang sesuai bagi oran dewasa
5.      Menerima dan menyesuaikan diri kepada perubahan perubahan pisikologi pada masa setengah umur
6.      Menyesuaikan diri dengan orang tua yang sudah usia lanjut
g.    Tugas tugas perkembangan pada masa tua
1.      Menyesuaikan diri ada berkurangnya kekuatan phisik dan kesehatan
2.      Menyesuaikan diri pada masa pensiun dan penghasilan yang berkurang
3.      Menyesuaikan diri pada meninggalnya suami atau istri
4.      Mengadakan hubungan yang erat pada orang orang yang seumur
5.      Memenuhi kewajiban sebagai warga negara dan dalam hidup bermasyarakat
6.      Mengatur keadaan hidup yang memuaskan dari segi phisis

D.    Periodisasi Perkembangan Manusia
Berikut ini periodisasi perkembangan manusia:
1.         Masa dalam kandungan
Periode pranatal terjadi saat pembuahan sampai kelahiran. Berlangsung kurang lebih 9 bulan..Dibagi menjadi tiga periode yaitu:
a.    Periode zigot berlangsung sejak pembuahan sampai minggu akhir kedua
b.    Periode embrio terjadi saat minggu kedua sampai akhir bulan kedua
c.    Periode janin terjadi saat akhir bulan kedua sampai kelahiran. Beberapa hal yang ditentukan saat pembuahan berlangsung yaitu sifat keturunan, jenis kelamin, lahir tunggal atau kembar serta posisi urutan dalam keluarga.
2.         Masa Bayi
Di bagi menjadi dua periode
a.       Masa bayi baru lahir (0 – Minggu pertama)
b.      Masa bayi (2 tahun pertama)
3.         Masa kanak- kanak
Masa prasekolah ini terjadi saat umur 2- 6 tahun. Masa kanak-kanak awal merupakan masa untuk belajar berbagai ketrampilan karena anak senang mengulang.
Ciri-ciri masa kanak-kanak yaitu:
a.    Belajar ketrampilan fisik yang diperlukan untuk bermain
b.    Belajar beradaptasi dengan teman sebaya
c.    Mengembangkan ketrampilan seperti membaca, menulis, dan berhitung.
4.         Masa remaja
Masa ini dibagi menjadi 3 periode yaitu:
a.    Masa plueral atau pra remaja(12- 14 tahun)Ditandai dengan sifat suka menentang dan berkelompok.
b.    Masa pubertas(14- 18 tahun)Ditandai perkembangan adanya kematangan alat-alat sexual untuk reproduksi, suka memuja, mulai tertarik kepada lawan jenis.
c.    Masa adolesen/(18- 21 tahun)Masa terjadi kematangan mental, fisik, emosional, social. Kepribadian anak terbentuk sehingga tidak terlalu mudah terpengaruh.
5.         Masa dewasa(21- 55 tahun)
Ditandai dengan kematangan fisik dan psikis, keyakinan, pendirian yang tetap,serta mulai berpikiran untuk berkeluarga.
6.         Masa tua(55 tahun-tak terhingga)
Ditandai dengan semakin berkurangnya kemampuan jasmani ataupun rohani. Menurunnya kekuatan fisik sehingga tanggung jawab juga menurun. Terjadinyagannguan kesehatan. Membentuk hubungan dengan seusianya.




BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
a.       Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
b.      Faktor-faktor perkembangan Manusia
-          Faktor Hereditas (warisan sejak lahir/ bawaan)
-          Faktor Lingkungan
c.       Tugas Perkembangan Manusia dibagi menjadi beberapa masa
-          Masa bayi dan masa kanak kanak awal
-          Masa kanal-kanak
-          Masa remaja
-          Masa dewasa awl
-          Masa setengah baya
-          Masa tua
d.      Periodisasi Perkembangan Manusia
-          Masa dalam kandungan
-          Maa bayi
-          Masa kanak-kanak
-          Masa remaja
-          Masa dewasa
-          Masa tua
B.     Saran
Kami sebagai penulis mengucapkan terima kasih kapada para pembaca makalah ini yang telah berkanan membaca makalah ini, khususnya mahasiswa mahasiswi yang mempelajari makalah ini. Mungkin makalah ini masih jauh dari sempurna karena masih banyak di temukan banyak kesalahan di sana sini. Untuk itu kami sebagai penulis mengucapkan maaf yang sebesar besar nya dan kami juga memohon kritik serta sarannya yang bersifat membangun.
Demikian makalah ini kami susun, meskipun banyak kekurangan diharapkan makalah ini bisa menambah pengetahuan sebagai bahan referensi kedepannya

 
 
 


DAFTAR PUSTAKA


Yusuf, Syamsu Dr. H. LN.2004.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:    PT REMAJA ROSDAKARYA BANDUNG.
Izzaty, Rita Eka dkk. Perkembangan Peserta Didik. 2008.Yogyakarta: UNY Press
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/25/makalah-perkembangan-peserta-didik/.Diakses tanggal 28 September 2011
http://www.academia.edu/1161977/PENGERTIAN_PERKEMBANGAN_AZAS_HUKUM_DAN_PRINSIP_PERKEMBANGAN_FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_PERKEMBANGAN_DAN_PERIODISASI_PERKEMBANGAN_MANUSIA





No comments:

Post a Comment