MAKALAH
MATA KULIAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
Dibuat guna memenuhi tugas
terstruktur mata kuliah Psikologi Perkembangan
Dosen
Pengampu : Musrifah, MA
Disusun Oleh :
1.
M. Nasrulloh
2.
Muamar Anis
3.
Munzi Tamrin
Kelas / Semester : II C
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM BREBES
(
STAIB )
TAHUN
AKADEMIK 2012/2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada allah SWT. yang mana
atas berkat rahmat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah yang
berjudul ”Faktor, Tugas Dan Periodisasi Perkembangan” ini dengan baik
meskipun masih jauh dari sempurna.
Sholawat beserta salam tak lupa pula penulis haturkan kepada junjungan kita nabi agung nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita semua dari alam kejahilan ke alam yang terang benderang yang disinari oleh ilmu pengetahuan iman dan islam.
Penulis tak lupa pula mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing ibu Musrifah, MA yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah ini. penulis juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah yang berjudul “Faktor, Tugas Dan Periodisasi Perkembangan” ini.
Sholawat beserta salam tak lupa pula penulis haturkan kepada junjungan kita nabi agung nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita semua dari alam kejahilan ke alam yang terang benderang yang disinari oleh ilmu pengetahuan iman dan islam.
Penulis tak lupa pula mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing ibu Musrifah, MA yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah ini. penulis juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah yang berjudul “Faktor, Tugas Dan Periodisasi Perkembangan” ini.
Penulis sadar dalam penulisan makalah ini, masih banyak
kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat
membangun.
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………………….. i
KATA PENGANTAR
………………………………………………………………… ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………….. iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
………………………………………………………………… 1
B.
Rumusan Masalah
…………………………………………………………….. 1
C.
Tujuan Pembahasan
…………………………………………………………… 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Perkembangan ……………………………………………………… 2
B.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan …….……………………… 2
C.
Tugas-tugas Perkembangan …………………………………………………….. 2
D.
Periodisasi Perkembangan ……………………………………………………… 4
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan ……………………………………………………………………… 5
B.
Saran ……………………………………………………………………………. 5
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perkembangan
manusia secara bertahap pasti mempunyai karakteristik yang khas dantugas- tugas
perkembangan yang bermanfaat sebgai petunjuk arah yang normal. Tugas-
tugas perkembangan tersebut juga sangat berhubungan dengan pendidikan yang
diterima oleh individu.Pendidikan menentukan tugas apakah yang dapat
dilaksanakan seorang pada masa tertentu. Berkaitan dengan hal tersebut,
pendidikan yang diterima individu sangat terkait posisi guru sebagai staf
pengajar. Berdasarkan uraian diatas makalah ini akan membahas satu persatu
tentang pengertian, faktor, tugas dan periodisasi perkembangan manusia.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa yang di maksud dengan Perkembangan?
2.
Apa saja Faktor perkembangan?
3.
Apa saja Tugas Perkembangan?
4.
Periodisasi Perkembangan?
C. Tujuan Pembahasan
1.
Mengetahui tentag arti Perkembangan?
2.
Mengetahui tentang Faktor-faktor perkembangan?
3.
Mengetahui tentang Tugas-tugas Perkembangan?
4.
Mengetahui tentang Periodisasi Perkembangan?
kami
juga bertujuan untuk memenuhi tugas pelajaran Psikologi Perkembangan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Perkembangan
Perkembangan diartikan sebagai perubahan-perubahan yang
dialami oleh individuatau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang
berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik fisik maupun
psikis. Perkembangan juga bertalian dengan beberapa konsep pertumbuhan (growth),
kematangan (maturation), dan belajar (learning) serta latihan (training). Perkembangan
individu dapat ditujukan dengan munculnya atau hilangnya, bertambah atau
berkurangnya bagian-bagian, fungsi-fungsi atau sifat-sifat psikofisis,
baik secara kuantitatif maupun kualitatif, yang sampai batas tertentu
dapat diamati dan diukur dengan mempergunakan teknik dan instrument yang
sesuai. Contoh perkembangan proses berpikir, kemampuan berbahasa dan
lain-lain.
B.
Faktor- Faktor
yang Mempengaruhi Perkembangan Manusia
Adapun faktor
yang mempengaruhi perkembangan manusia diantaranya:
1. Faktor
hereditas (warisan sejak lahir/ bawaan)
Hereditas merupakan factor pertama yang mempengaruhi
perkembangan individu. Dalam hal ini hereditas diartikan sebagai totalitas
karakteristik individu yang diwariskan orangtua kepada anak, atau segala
potensi, baik fisik maupun psikis yang dimiliki individu sejak masa konsepsi
(pembuahan ovum oleh sperma) sebagai pewarisan dari pihak orangtua melalui
gen-gen.
2. Faktor
lingkungan
Urie Bronfrenbrenner & Ann Crouter mengemukakan
bahwa lingkungan perkembangan merupakan “berbagai peristiwa, situasi atau
kondisi di luar organism yang diduga mempengaruhi atau dipengaruhi oleh
perkembangan individu”. Lingkungan ini terdiri atas:
a. Fisik,
yaitu meliputi segala sesuatu dari molekul yang ada di sekitar janin sebelum
lahir
b. Sosial,
yaitu meliputi seluruh manusia yang secara potensial mempengaruhi perkembangan
individu
c. Kematangan fungsi organis dan psikis
yang Didorong oleh suatu kekuatan dari dalam yaitu kepekaan atau kematangan.
Proses pematangan ini ditandai dengan kematangan potensi dari organisme
baik fisik maupun psikis untuk maju berkembang secara maksimal.
d. Aktivitas manusia sebagai subjek
bebas yang berkemauan Anak aktif ketika menerima pengaruh atau rangsangan dari
lingkungannya, hal ini disebabkan karena manusia mempunyai cipta, rasa, dan
karsa yang mampu membantu manusia dalam menyeleksi pengaruh yang datang.
C. Tugas-tugas Perkembangan Manusia
a. Pengertian
tugas tugas perkembangan
Menurut Robert J.
Havighurst, suatu tugas perkembangan adalah suatu tugas yang timbul pada suatu
periode tertentu dalam perkembangan seseorang. Tugas perkembangan merupakan
petunjuk petunjuk yang memungkinkan seseorang memehami apa yang diharapkan
masyarakat dari padanya pada suatu umur tertentu.
b.
Tugas tugas perkembangan pada masa bayi dan masa kanak
kanak awal
1.
Belajar berjalan
2.
Belajar memakan makanan yang padat
3.
Belajar mengatur buang air krcil dan besar
4.
Belajar membedakan jenis kelamin
5.
Membentuk konsep konsep dari kenyataan sosial dan
physik yang sederhana
6.
Belajar membedakan antara yang benar dan yang salah dan
memperkembangankan kata hati.
c.
Tugas tugas perkembangan pada masa kanak kanak
1. Belajar
keterampilan keterampilan physis, yang di perlukan untuk permainan yang
sederhana
2. Belajar
bergaul dengan teman sebaya
3. Belajar
menyesuaikan diri dengan keadaannya sebagai wanita atau peria
4. Memperkembangkan
keterampilan keterampilan dasar untuk membaca, menulis dan berhitung
5. Memperkembangkan
konsep konsep bagi kehidupan sehari hari
6. Memperkembangkan
sikap sikap terhadap kelompok kelompok dan lembaga lembaga dalam masyarakat
d. Tugas
tugas perkembangan pada masa remaja
1.
Menerima keadaan jasmaninya dan menerima serta
menjalankan peranannya sebagai peria atau wanita
2.
Mengadakan hubungan hubungan baru dengan teman sebaya
dari kedua jenis kelamin, terutama dengan anak lawan jenis
3.
Mencapai kebebasan emosional dari orang tua dan orang
orang dewasa lainnya, agar supaya jangan terlalu terikat
4.
Mendapat kepastian mengenai kebebasan ekonomik
5.
Memilih dan mempersiapkan diri bagi suatu jabatan
6.
Memperkembangkan keterampilan keterampilan dan konsep
konsep intelek tual yang perlu untuk hidup menjadi warga negara yang baik
7.
Menginginkan dan dapat bertingkah laku yang dapat di
terima oleh masyarakat
8.
Mempersiapkan diri untuk pernikahan dan hidup
berkeluarga
9.
Menentukan dengan penuh kesadaran nilai nilai yang
sesuai dengan suatu gambaran mengenai keadaan di dunia
e.
Tugas tugas perkembangan pada masa dewasa awal
1.
Memilih calon suami atau istri
2.
Belajar hidup bersama suami atau istri
3.
Memulai hidup bersama keluarga
4.
Mengasuh anak anak
5.
Menyelanggarakan rumah tangga
6.
Mulai berkerja
7.
Mulai bertanggung jawab sebagai seorang warga Negara
8.
Mendapat kan kelompok sosial yang sesuai baginya
f.
Tugas tugas perkembangan pada masa setengah baya
1. Mendapatkan
tanggung jawab sebagai orang dewsa yang menjadi warga negara dan hidup
bermasyarakat
2. Menentukan
dan hidup sesuai setandart hidup yang berhubungan dengan ekonomi
3. Membantu
anak anak remaja menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan berbahagia
4. Memperkembangkan
keaktifan keaktifan dalam masa senggang yang sesuai bagi oran dewasa
5. Menerima
dan menyesuaikan diri kepada perubahan perubahan pisikologi pada masa setengah
umur
6. Menyesuaikan
diri dengan orang tua yang sudah usia lanjut
g.
Tugas tugas perkembangan pada masa tua
1. Menyesuaikan
diri ada berkurangnya kekuatan phisik dan kesehatan
2. Menyesuaikan
diri pada masa pensiun dan penghasilan yang berkurang
3. Menyesuaikan
diri pada meninggalnya suami atau istri
4. Mengadakan
hubungan yang erat pada orang orang yang seumur
5. Memenuhi
kewajiban sebagai warga negara dan dalam hidup bermasyarakat
6.
Mengatur keadaan hidup yang memuaskan dari segi phisis
D.
Periodisasi
Perkembangan Manusia
Berikut
ini periodisasi perkembangan manusia:
1.
Masa
dalam kandungan
Periode pranatal terjadi saat pembuahan sampai kelahiran.
Berlangsung kurang lebih 9 bulan..Dibagi menjadi tiga periode yaitu:
a. Periode zigot berlangsung sejak
pembuahan sampai minggu akhir kedua
b. Periode embrio terjadi saat minggu
kedua sampai akhir bulan kedua
c. Periode janin terjadi saat akhir
bulan kedua sampai kelahiran. Beberapa hal yang ditentukan saat pembuahan
berlangsung yaitu sifat keturunan, jenis kelamin, lahir tunggal atau
kembar serta posisi urutan dalam keluarga.
2.
Masa
Bayi
Di bagi menjadi dua periode
a. Masa bayi baru lahir (0 – Minggu
pertama)
b. Masa bayi (2 tahun pertama)
3.
Masa
kanak- kanak
Masa prasekolah ini terjadi saat umur 2- 6 tahun. Masa
kanak-kanak awal merupakan masa untuk belajar berbagai ketrampilan karena anak
senang mengulang.
Ciri-ciri
masa kanak-kanak yaitu:
a. Belajar ketrampilan fisik yang
diperlukan untuk bermain
b. Belajar beradaptasi dengan teman
sebaya
c. Mengembangkan ketrampilan seperti
membaca, menulis, dan berhitung.
4.
Masa
remaja
Masa ini dibagi menjadi 3 periode yaitu:
a. Masa plueral atau pra remaja(12- 14
tahun)Ditandai dengan sifat suka menentang dan berkelompok.
b. Masa pubertas(14- 18 tahun)Ditandai
perkembangan adanya kematangan alat-alat sexual untuk reproduksi, suka memuja,
mulai tertarik kepada lawan jenis.
c. Masa adolesen/(18- 21 tahun)Masa
terjadi kematangan mental, fisik, emosional, social. Kepribadian
anak terbentuk sehingga tidak terlalu mudah terpengaruh.
5.
Masa
dewasa(21- 55 tahun)
Ditandai dengan kematangan fisik dan psikis, keyakinan,
pendirian yang tetap,serta mulai berpikiran untuk berkeluarga.
6.
Masa
tua(55 tahun-tak terhingga)
Ditandai dengan semakin berkurangnya kemampuan jasmani
ataupun rohani. Menurunnya kekuatan fisik sehingga tanggung jawab juga menurun.
Terjadinyagannguan kesehatan. Membentuk hubungan dengan seusianya.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
a. Perkembangan diartikan sebagai
perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat
kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progresif
dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
b. Faktor-faktor perkembangan Manusia
-
Faktor
Hereditas
(warisan sejak lahir/ bawaan)
-
Faktor
Lingkungan
c. Tugas Perkembangan Manusia dibagi
menjadi beberapa masa
-
Masa bayi dan masa kanak kanak awal
-
Masa
kanal-kanak
-
Masa
remaja
-
Masa
dewasa awl
-
Masa
setengah baya
-
Masa
tua
d. Periodisasi Perkembangan Manusia
-
Masa
dalam kandungan
-
Maa
bayi
-
Masa
kanak-kanak
-
Masa
remaja
-
Masa
dewasa
-
Masa
tua
B. Saran
Kami
sebagai penulis mengucapkan terima kasih kapada para pembaca makalah ini yang
telah berkanan membaca makalah ini, khususnya mahasiswa mahasiswi yang
mempelajari makalah ini. Mungkin makalah ini masih jauh dari sempurna karena
masih banyak di temukan banyak kesalahan di sana sini. Untuk itu kami sebagai
penulis mengucapkan maaf yang sebesar besar nya dan kami juga memohon kritik
serta sarannya yang bersifat membangun.
Demikian
makalah ini kami susun, meskipun banyak kekurangan diharapkan makalah
ini bisa menambah pengetahuan sebagai bahan referensi kedepannya
DAFTAR PUSTAKA
Yusuf,
Syamsu Dr. H. LN.2004.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA BANDUNG.
Izzaty,
Rita Eka dkk. Perkembangan Peserta Didik. 2008.Yogyakarta: UNY Press
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/25/makalah-perkembangan-peserta-didik/.Diakses
tanggal 28 September 2011
http://www.academia.edu/1161977/PENGERTIAN_PERKEMBANGAN_AZAS_HUKUM_DAN_PRINSIP_PERKEMBANGAN_FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_PERKEMBANGAN_DAN_PERIODISASI_PERKEMBANGAN_MANUSIA
No comments:
Post a Comment